Jumat, 14 Juni 2019

Proposal bisnis susu kedelai

PROPOSAL BISNIS
(SULE (Susu Kedelai Segar))



(Tulungagung, 13 April 2019)
Disusun oleh:



Disusun Oleh:
Nama : Evi Fudzliyati
NIM : 12205173164
Mata Kuliah : Perencanaan Bisnis Pendidikan
Dosen : Dr. Mochamad Arif Faizin, M.Ag.

Kelas : PGMI 4 -C
Plosokandang, Kabupaten Tulungagung
No. Telepon: 085856210289
E-Mail: evifudzliyati2417@gmail.com


BAB I
Pendahuluan
 Latar Belakang
Minuman merupakan kebutuhan pokok bagi setiap manusia. Ketika seseorang sedang berada di luar rumah atau sedang bepergian, mereka banyak yang lebih memilih untuk membeli minuman instan untuk menghilangkan dahaganya. Seperti banyak di jumpai penjual minuman di sekitar kampus yang terjual dengan laris manis. Mereka menawarkan minumannya dengan kelebihan masing-masing. Akantetapi minuman instan yang banyak di tawarkan mengandung bahan kimia berbahaya. Meskipun ada minuman yang sehat seperti susu atau jus, mereka juga tetap berpikir dua kali untuk membelinya, karena harga minuman sehat lebih mahal dari minuman yanag tidak sehat. Maka dari itu, minuman sehat dengan harga murah tentunya sangat dicari.
Hasil olahan susu kedelai dengan rasa manis dan anyak gizi yang pastinya menyegarkan akan di cari sebagian orang yang menyukainya. Sebernarnya sudah dari dulu ada penjual susu kedelai, kebanyakan mereka berjualan di gerobak, bisa langsung diminum di tempat dan bisa di bawa pulang akan tetapi masih menggunakan pengemasan yang kurang menarik karena hanya di masukkan ke kantong plastik  dengan imbuhan sedotan.

BAB II
PEMBAHASAN

Ringkasan Singkat
Dari sini  diperlukan modifikasi susu kedelai untuk menarik pembeli, jika susu kedelai bisa di berikan rasa sesuai selera, di kemas dengan kemasan cup tertutup rapat sehingga memudahkan pembeli untuk mengambilnya dan bisa diletakkan di lemari es. Minuman ini akan bisa bersaing dengan minuman-minuman kekinian yang lain dengan mutu yang terjamin, fariasi rasa, kemasan yang baik dan harga yang terjangkau.
Tujuan Program
Tujuan utama ini adalah memuaskan pembeli dengan memberikan trobosan minuman murah dan sehat. Selain itu juga untuk menambah lapangan pekerjaan.
Output yang Diharapkan
Adapun harapan dari usaha ini adalah mendapatkan keuntungan. Menjadi produk yang di kenal banyak orang. Terbangunnya kebiasaan minum-minuman yang sehat. Mengurangi pengangguran.
D.  Kegunaan
1. Dengan mengurangi pengangguran dari usaha ini maka akan terciptanya kemakmuran di mayarakat.
2. Mendukung gerakan hidup sehat.
E. Sekilas Tentang Perusahaan
-Nama Perusahaan : SULE segar ( Susu kedelai segar)
-Nama pemilik Perusahaan : Evi Fudzliyati
-Alamat dan Kontak Personal : Plosokandang, Kedungwaru, Tulungagung
Email : evifudzliyati24176@gmail.com
Facebook : Evi Fudzl
No. Telephon : 08573115828
Profil Singkat Bisnis
SULE segar merupakan bisnis yang bergerak di bidang kuliner. Minuman ini berbahan dasar sari dari kacang kedelai yang diolah dan di beri berbagai farian rasa mulai dari original, rasa susu, rasa coklat, rasa strowberi, dan rasa melon. Dikemas dalam cup anti tumpah. Disajikan dengan keadaan dingin. Bisa minum sebagai pelepas dahaga yang bergizi dan sehat. Usaha ini di tempatkan di temoat-tempat strategis sekitar kampus dan di tempat-tempat strategis yang lain.
Visi dan Misi Bisnis
- Visi
Menjadi minuman produk lokal yang berkualitas dan mampu bersaing dengan produk non lokal.
- Misi
1. Menjaga kualitas produk tetap fresh
2. Berusaha memuaskan konsumen.
3. Menyebarkan produk di beberapa tempat agar mudah di jangkau konsumen.
H. Logo Perusahaan












Simbol
Arti

Kacang kedelai yang ceria
Melambangkan bahan dasar minuman yaitu kacang kedelai yang sehat dan mengandung banyak gizi, sehingga peminumnya menjadi bersemangat untuk melakukan aktifitas.

Daun muda yang tumbuh dari kacang kedelai
Daun muda melambangkan kesegaran dan kealamian yang terkandung dalam produk susu kedelai ini.

Tulisan SULE (Susu Kedelai Segar)
Tulisan ini memberikan informasi tentang produk ini yang berupa susu kedelai. Penamaan SULE merupakan singkatan dari susu kedelai, agar mudah di ingat dan dikatakan oleh konsumen. Sedangkan penjelasan susu kedelai segar juga merupakan kalimat ajakan agar terlintas di pikiran pembeli bahwa susu ini merupakan susu segar yang lezat untuk di minum.

Warna hijau pada tulisan
Warna  tulisan yang hijau dan nuansa hijau yang terdapat dalam logo memberikan kesan alami,sejuk, segar dan sehat.


I. Menejemen Pemasaran
  - Analisis SWOT

                Internal
Eksternal
STRENGHT (S) :
Bahan mudah di dapat
Kandungan gizi produk yang tinggi
Farian rasa yang bermacam-macam
Kemasan yang simpel dan menarik
Produk terjaga kualitasnya dan fresh
WEAKNESS (W) :
Kekuragan sumber daya modal
Kurangnya pengalaman bisnis

OPPORTUNITY (O) :
1. Proses produksi yang pengembangan yang cukup mudah.
2. Jenis minuman yang di sukai sebagian mahasiswa.
3. Belum banyak yang menggunakan farian rasa dalam susu kedelai
4. Kemasan yang instan.
STRATEGI (SO)
1.1 Dengan bahan baku yang memiliki kandungan gizi yang tinggi selain itu proses produksi yang mudah akan menjadi kekuatan dalam bisnis ini.
1.2 Bahan baku yang mudah didapat akan lebih memudahkan kami dalam memproduksi produk.
1.3 Kemasan yang instan menjadi sebuah trobosan semua orang yang ingin waktu cepat.
1.4 dengan pemilihan rasa yang berfariasi prosuk ini diharapka mampu bersaing dengan produk-produk yang lain.
STRATEGI (WO) :
1.1 Agar modal kami bisa bertambah maka kami akan berusaha mencari investor sebagai penambah modal.
1.2 Dengan seiring waktu bisnis berjalan, kita akan senantiasa belajar dan mengefaluasi kekurangan dari bisnis ini.
1.3 Kami akan memproduksi susu ini setiap hari dalam jumlah yang sedang agar tidak banyak tersisa. Dan barang yang di produksi akan disimpan di freezer agar tetap segar dan di sebar ke banyak toko.

THREAT (T) :
 1. Kurangnya perhatian masyarakat terhadap makanan/minuman yang menyehatkan 2. Susu kedelai yang hanya bertahan dalam waktu sehari
3. Tidak semua toko memiliki frezer yang bisa mnjaga susu kedelai tetap dalam keadaan dingin dan segar.
STRATEGI (ST) :
1.1 Lebih menyadarkan masyarakat tentang pentingnya memilih minuman yang sehat dengan cara mensosialisasikan dampak-dampak kesehatan yang diakibatkan oleh minuman yang tidak sehat melalui brosur atau sosial media.
1.2 Harus membuat produk setiap hari dan tidak menjual atau mengolah kembali produk yang tidak habis terjual.
1.3 Kami akan menitipkan prodak kami pada toko yang berfrizer maupun tidak berfrizer, akan tetapi bagi penjual yang tidak memiliki pendingin maka akan di uju coba dahulu dengan melihat seberapa banyak pembeli yang masih berminat.
STRATEGI(WT) :
 1.1 Harus memperhitungkan jumlah produk yang dapat dijual untuk satu hari sehingga tidak bersisa dan bisa meminimalisasi kerugian.
1.2 Harus menawarkan produk dengan keunikan yang dimiliki.
1.3 Harus menjaga kualitas produk tetap baik.


Gambaran Umun Pasar (STP)
1. Segmenting
-Masyarkat di Kota Tulungagung
-Masyarakat di segala usia khususnya unur 19-23
2. Targeting
Kalangan mahasiswa yang ada di sekitar IAIN Tulungagung dan masyarakat di sekitarnya.
3. Positioning
Miniman sehat harga bersahabat.
Strategi Produksi
Pembuatan minuman SULE (Susu Kedelai Segar) ini sebenarnya sangat sederhana dan cukup mudah. Produk ini membutuhkan alat dan bahan:
Alat dan bahan untuk membuat SULE (Susu Kedelai Segar).
NO
ALAT
BAHAN

1
Kompor
Biji kedelai

2
Panci
Air mineral

3
Baskom
Gula

4
Irus
Garam

5
Blender
Daun Pandan

6
Kain katun
Perasa vanili bubuk

7
Cup Plastik
Kayu manis

8
Alat press
Esens melon

9

Coklat bubuk tanpa rasa manis

10

Susu kental manis

11

Esens stawberry



Langkah- langkah
Cuci bersih biji kedelai lalu rendam biji kedelai dengan air selama 8 jam. Cuci lagi dan buang kulitnya.
Blender biji kedelai dengan air mineral. Lalu saring dengan kain katun bersih sebelum direbus.
Rebus susu kedelai dengan api sedang. Masukkan pula gula, daun pandan, galam dan kayu manis. Aduk terus hingga tercampur rata.
Masukkan perasa vanili bubuk atau cair Kemudian bagilah cairan kedalam empat wadah selanjutnya masukkan dan coklat bubuk pada wadah yang pertama, masukkan esesns rasa strawberry pada wadah yang kedua ,dan berikan esens melon pada wadah yang ketiga, untuk cairan yang terakhir buiarkan dengan rasa originalnya. Saat memasukkan perasa tersebut saat susu dalam keadaan di dalam panci untuk di aduk hingga tercampur merata. Aduk hingga mendidih  secara bergantian. Saring susu kedelai dengan menggunakan air bersih.
Susu kedelai rasa coklat, Rasa melon, rasa  stawberri dan original siap disajikan. Dengan tambahan susu kental manis.
Kemas dalam cup, kemudian tutu menggunakan alat pres, lalu masukka kedalam kulkas, dan susu kedelai siap untuk di minum.
 Strategi Perekrutan
Strategi perekrutan bisnis kami terbuka bagia siapa saja yang beriminat dan sungguh-sungguh baik itu dari masyarakat terdekat, jauh, maupun mahasiswa yang juga ingin mendapat penghasilan tambahan.
Strategi Teknologi dan Komunikasi
Kami akan mempromosikan produk kami melalui sosial media misalnya facebook, instagram, whatsaap, dan sebagainya. Kami akan menyebarkan seperti brosur elektronik dengan kalimat ajakan yang menarik.
L.  Analisis Resiko Bisnis
-BEP
Biaya tetap (Fixed Cost) (Dalam Rupiah)







No.
Nama Barang
Jumlah Barang
Harga Satuan
Jumlah Harga

1
Gerobak
1
1.100.000
1.100.000

2
Kulkas mini
1
1.400.000
1.400.000

3
Mesin penggiling kedelai
1
1.300.000
30.000

4
Kompor gas
1
435.000
435.000

5
Selang gas+ tegulator
1
75.000
75.000

7
Panci besar
1
280.000
280.000

8
Baskom
4
15.000
60.000

9
Irus
2
5000
10.000

10
Plastik
1 pcs
7.500
7.500

11
Sedotan
1 pcs
8000
8000

12
Cup es
1 pcs
17.000
17.000

TOTAL
3.419.500

Biaya Variabel (variable cost) Per hari (Dalam Rupiah)
No.
Nama Barang
Jumlah Barang
Harga Satuan
Jumlah Harga

3
Gula
2 kg
3.000
3.000

4
Garam
1 bungkus
1500
4500

6
Daun Pandan
2 helai
5.00
5.00

7
Perasa vanili bubuk
2 bungkus
5.000
5.000

8
Kayu manis
1 bungkus
500
500

9
Coklat bubuk tanpa rasa manis
1 bungkus
28.000
28.000

10
Susu kental manis
1 kaleng
14.000
14.000

11
Esens stawberry dan melon
2 botol
5.000
5.000

TOTAL
128.500



Diketahui:
Biaya tetap: Rp. 3.419.500
Biaya Variable:Rp. 128.500
Produksi perhari: 50 bungkus
Harga Perbungkus: Rp. 2500
Laba Selama Sebulan
Pendapatan Perhari
50 bungkus X Rp. 2500
Rp. 125.000


Pendapatan Perbulan
Rp. 125.000 X 30 hari

Rp. 3.750.000

Biaya Tetap

Rp. 3.419.500


Biaya Variable

Rp. 128.500


Modal awal


Rp. 1.800.000

LABA/KEUNTUNGAN PER BULAN
Rp. 1.950.000


Analisis Titik Impas (Break Event Point)
BEP= Biaya tetap/keuntungan= Rp. 3.419.500/Rp.1.950.000 = 2 Bulan
Jadi, modal akan kembali pada 2 bulan yang akan datang dengan penjualan sebanyak 1500 bungkus perbulan dengan harga Rp. 2.500, dan memperoleh laba sebesar Rp. 1.950.000 setiap bulannya.
 

0 komentar:

Posting Komentar