KOMPOSISI ATMOSFER
MAKALAH
Disusun untuk Memenuhi Salah Satu Mata Kuliah :
Bumi dan Antariksa MI/SD
Dosen Pengampu :
Ahmad Arif Musyafa’, M. Pd.
Disusun oleh :
Evi Fudzliyati
(12205173164)
PGMI 4C
PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
TULUNGAGUNG
Maret 2019
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah
melimpahkan rahmat-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan salah satu tugas mata
kuliah “Bumi dan Antariksa MI/SD”. Makalah ini kami susun
dengan sebaik-baiknya melalui berbagai sumber. Terima kasih kami ucapkan
kepada:
1. Dr. Mafthukin, M.Ag. Selaku Rektor IAIN
Tulungagung.
2. Ahmad Arif Musyafa’, M.Pd. selaku dosen
pengampu yang telah memberikan bimbingan dan arahan dalam penyusunan makalah
ini.
3. Kepala perpustakaan beserta staf-stafnya
yang telah memberikan pelayanan perpustakaan kepada kami.
4. Seluruh pihak yang telah membantu tersusunya
makalah ini masih jauh dari sempurna dan masih memerlukan perbaikan kedepannya.
Untuk itu, kritik dan saran yang membangun sangat
kami harapkan. Kami mohon maaf apabila terdapat kekurangan ataupun kesalahan
dalam makalah ini. Kami mohon kepada Allah SWT agar selalu melimpahkan taufiq
dan hidayahnya kepada kita semua dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, dan
semoga makalah ini bermanfaat bagi saudara sekalian khususnya bagi para pembaca
pada umumnya.
Tulungagung, 09 Maret 2019
Penyusun
DAFTAR ISI
Sampul
i
Kata Pengantar
ii
Daftar Isi
iii
Bab I Pendahuluan
A.
Latar
Belakang
1
B.
Rumusan
Masalah
2
C.
Tujuan
2
Bab II Pembahasan
A.
Komposisi Atmosfer
6
B.
Materi Komposisi
Atmosfer di SD/MI
8
C.
Ayat tentang Komposisi
Atmosfer
8
Bab III Penutup
Simpulan
9
Saran
9
Daftar Pustaka
10
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Bumi memiliki
lapisan yang dinamakan atmosfer yang di dalamnya mengandung berbagai zat .
Zat-zat yang ada di atmosfer sangat banyak sekekali dan memiliki berbagai
fungsi yang berbeda beda maka dari itu untuk lebih mengetahui tentang tempat
tinggal kita sendiri yaitu bumi, maka kita perlu untuk lebuh dalam memahami
tentang ke indahan ciptaan Allah.
Sebagai calon guru MI kita
perlu untuk mempelajari materi komposisi atmosfer ini sangat diperlukan karena
materi ini juga masuk dalam pembelajaran ipa yang ada di sekolah dasar tingkat
atas. Meskipun materinya tidak sedetail di tingkat SMP maupun SMA sederajat
jika tidak dipelajari maka seorang guru kan kesulitan dalam menjelaskannya.
Dalam mempelajari suatu ilmu kita sebagai seorang muslim yang memiliki pedoman
yaitu kitab al quran maka hendaknya kita cari dalilnya. Selain itu j uga agar
kita yakin dan lebih mengetahui keagungan Allah melalui ayat-ayat yang-Nya.
Dengan belajar dan memahami seperti inilah yang dimaksud dengan ilmu yang baik,
karena bisa menambah keyakinan kita.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apa saja komposisi yang terkandung dalam
atmosfer?
2.
Matei manakah komposisi atmosfer manakah yang
masuk kedalam pelajaran siswa SD/MI?
3.
Ayat manakah yang menunjukkan keterangan
komposisi atmosfer?
C.
Tujuan
1.
Untuk mengetahui komposisi atmosfer dengan detai.
2.
Untuk mengetahui materi komposisi yang masuk
dalam pelajaran SD/MI.
3.
Untuk mengetahui dalil tentang komposisi atmosfer.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Komposisi Atmosfer
Lapisan
atmosfer merupakan dari campursan gas yang tidak tampak dan tidak berwana.
Fmpat gas, yaitu nitrogen, oksigen, argon, dan karbon dioksida meliputi hampir
satuan persen dari volume udara kering, lihat Tabel 6.1. Gas lain yang stabil
adalah neon, helium, metana, kripton, hidrogen, xenon dan yang kurang stabil
termasuk ozon dan radon juga terdapat di atmosfer dalam jumlah yang sangat
kecil.
Tabel
6.1
Gas
utama dalam udara kering
Selain udara kering, lapisan atmosfer mengandung air
dalam ketiga fasanya, dan aerosol atmosfer. Oleh karena itu, udara yang kering
murni di alam tidak pernah dijumpai karena ada dua alasan, yaitu ada uap air di
udara yang jumlahnya berubah-ubah dan selalu ada injeksi zat ke dalam udara,
misalnya asap dan partikel debu. Udara seperti ini disebut udara alami.
Oksigen
(O2) sangat penting bagi kehidupan, yaitu untuk mengubah zat makanan
menjadi energi hidup. Oksigen dapat bergabung dengan unsur kimia lain yang
dibutuhkan oleh tanaman. Karbon dioksida merupakan salah satu senyawa kimia
udara yang terdiri atas satu bagian
karbon dan dua bagian oksigen. Karbon dioksida menyebabkan efek rumah kaca (greenhouse) yaitu transparan terhadap
rsdiasi gelombang pendek dan menyerap radiasi gelombang panjang. Dengan demikian, kenaikan konsentrasi CO2
di adlam atmosfer akan menyebankankenaikan suhu permukaan bumi.
Nitrogen (N) terdapat di udara dalam
jumlah paling banyak, yaitu meliputi 78 bagian. Nitrogen tidak bergabung dengan
unsur lain, tapi hakekatnya unsur ini adalah penting karena nitrogen merupakan
bagian dari senyawa organik.
Neon (Ne), Argon (Ar), Xenon (Xe),
dan Kripton (Kr) disebut gas mulia,karena tidak mudah bergabung dengan unsur
lain. Meskipun gas ini kurag penting di atmosfer, namun neon biasanya di pakai
di udara, dan argon digunkan untuk bola lampu cahaya listrik.
Helium (Ne) dan Hidraogen(H2)
sanagat jarang di udaka kecuali pada panas yang tinggi. Gas ini adalah gas yang
paling ringan dan sering di pakai untuk mrngisi bahan meteorologi.
Ozon (O)3 adalah gas yang
sangat aktif dan merupakan bentuk lain dari oksigen. Gas ini terdapat terutama
pada ketinggian antara 20 dan 30 km. Ozon dapat menyerap radiasi ultraviolet
yang mempunyai energi besar dan berbahaya bagi tubuh manusia.
Uap air (H2O) sanat
penting dalam proses cuaca atau iklim, karena dapat berubah fasa atau wujud menjadi
fasa cair atau fasa padat melalui kondensi dan deposisi. Perubahan fasa cair
yang mungkin, dapat dilukiskan pada Gambar 6.4. Uap air terdapat di atmosfer
sebagai hasil penguapan air laut, danau, kolam, sungai, dan teransparasi
tanaman.
Gambar 6.4
Perubahan fasa air
Atmosfer selalu dikotori oleh debu.
Debu ialah istilah yang dipakai utuk benda yang sangat kecil sehingga
sebagian tidak tampak kecuali dengan
mikroskop. Jumlah debu berubah-ubah bergantung pada tempat. Di pegunungan,
jumlah debu hanya beberapa ratus partikel tiap cm3, tetapi kota besar, daaerah industri dan
daerah kering, jumlah debu dapat mencapai 5 juta tiap cm3. Konsentrasi
debu pada umumnya berkurang dengan bertambahnya ketinggian. Meskipun debu
meteorik dapat dijumpai pada lapisan atmosfer atas. Sumber debu beraneka ragam,
yaitu asap abu vulkanik, pembakaran bahan bakar, kebakaran hutan, bakteri,
spora, tepung dan serbuk dari tanah yang berhembus ke atas, partikel
garam, asap batu bara atau arang. Kabas (SMOG)
singktan dari kabut dan asap (smoke and
fog) adalah kabut tebal yang sering dijumpai & daerah industri yang
lembap. Debu dapat menyerang, memantulkan dan menghamburkan radiasi yang
datang. Debu atmosferik dapat tersapu turun ke permukaan bumu oleh curah hujan,
tetapi kemudian atmosfer dapat terisi partikel debu kembali.[1]
B. Materi Komposisi
Atmosfer di SD/MI
Bumi mempunyai atmosfer yang mengandung oksigen.
Atmosfer ini melindungi bumi dari jatuhnya benda langit lain serta menahan
panas dan sinar ultraviolet.[2]
Atmosfer tersusun atas troposfer, statusfer,
mesosfer, dan eksosfer.
Udara
yang menyelubungi bumi disebut atmosfer.
Usunan
atmosfer adalah:
1. Troposfer
2. Statosfer
3. Ionosfer
4. Eksosfer[3]
Bumi
memiliki atmosfer yang terdiri atas nitrogen, oksigen, karbon dioksida, dan uap
air.[4]
C. Ayat tentang
Komposisi Atmosfer
Ayat yang menerangkan tentang komposisi atmosfer
terdapat dalam (QS Fushilat-Shilat
[41]:11):
ثُمَّ اسْتَوَى إِلَى السَّمَاءِ وَهِيَ دُخَانٌ
فَقَالَ لَهَا وَلِلْأَرْضِ ائْتِيَا طَوْعًا أَوْ كَرْهًا قَالَتَا أَتَيْنَا طَائِعِينَ
Artinya: Kemudian Dia menuju kelangit
dan (langit) itu masih berupa asap. Lalu dia berfirman kepadanya dan kepada
bumi,”Datanglah kamu berdua menurut perintak-Ku dengan patuh atau terpaksa.”
Keduanya menjawab,” Kami datang dengan patuh.”[5]
BAB III
PENUTUP
A.
Simpulan
1. Dapat disimpulakan bahwa Lapisan
atmosfer merupakan dari campursan gas yang tidak tampak dan tidak berwana.
Fmpat gas, yaitu nitrogen, oksigen, argon, dan karbon dioksida meliputi hampir
satuan persen dari volume udara kering
2. Materi atmosfer yang diberikan pada siswa
sekolah dasar tidak terlalu komplek dan menggunakan bahasa yang sangat
sederhana seperti Bumi memiliki atmosfer yang terdiri
atas nitrogen, oksigen, karbon dioksida, dan uap air.
3. Ayat yang menerangkan tentang komposisi atmosfer yaitu
surat Al-Fushilat ayat 11 yang di dalamnya mengandung maksud bahwa bumi itu di
kelilingi oleh asap. Jadi komposisi atmosfer bumi terbuat dari “asap” dalam
bahasa Al-quran.
B.
Saran
Setelah kita
mengetahui dengan detail mengenai komposisi atmosfer sebagai calon seorang guru
hendaknya kita bisa menyaring materi dan mengolahnya menjadi materi yang sesuai
dengan siswa sekolah dasar. Kemudian untuk menguatkan pengetahuan maka perlu di
cari rujukan dan dalil yang menguatkannya.
DAFTAR PUSTAKA
Jasoyo , Bayong. 2017. Ilmi Kebumian Dan Antraiksa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Maryati,
dkk. 2010. Rangkuman
IPA, Matematika,
& Bahasa Inggris SD Kelas 4,5,6. Jakarta Selatan:Gagas Media
Shohib,
Muhammad. 2006. Al-Quran
dan Terjemahnya. Surabaya: Duta Ilmu
Tim
Guru Pakar Nusantara.
2018. Strategi
Jitu Lulus UBN SD/MI 2019. Jakarta : PT Rasido
[2] Maryati, dkk, Rangkuman IPA, Matematika,
& Bahasa Inggris SD Kelas 4,5,6, (Jakarta Selatan, Gagas Media: 2010),
hal 46.
[3] Maryati, dkk, Rangkuman
IPA, Matematika, & Bahasa Inggris SD
Kelas 4,5,6, (Jakarta Selatan, Gagas Media: 2010), hal 47.
[4] Tim Guru Pakar Nusantara, Strategi
Jitu Lulus UBN SD/MI 2019, (Jakarta, PT Rasido: 2018), hal 210.
[5] Muhammad Shohib, Al-Quran dan
Terjemahnya,(Surabaya, Duta Ilmu:2006), Hal 688.
0 komentar:
Posting Komentar